Cerita Masa Sekolahku

Nadia Samer –Hallo Perkenalkan nama saya NINA saya akan menceritakan tentang pengalaman saya selama bersekolah di SMK. Seragam warna biru lengkap degan lencana dan pet adalah seragam identitas dari sekolah saya.

Warna seragam untuk sekolah menengah atas dan sederajat ketika masih bersekolah disana. Kegiatan yang ku lakukan dulu seperti biasa, berangkat pagi, bertemu teman-teman, belajar di kelas, mengikuti ektrakulikuler, dan pulang begitu dan seterusnya.

Hal yang kadang sering terjadi saat pertama kali masuk SMK adalah kita bingung untuk memilih jurusan yang sesuai dengan apa yang kita mau. Saya pertama kali masuk di SMK pada tahun 2019 saya masuk di kelas 10 Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Saat itu pertama kalinya bertemu degan teman-teman baru kita saling berkenalan dan memperkenalkan diri di depan kelas, didepan teman-teman baru dan guru-guru baru.

Saya memiliki dua teman yang selalu bersama-sama, teman yang selalu mendukung ku dalam suka dan duka saya sangat bersyukur memiliki teman seperti mereka walaupun sering terjadi perselisihan dan perbedaan pendapat di antara kita namun kita masih tetap menjadi teman baik sampai sekarang.

Terimakasih temanku semoga kita bisa menjaga pertemanan ini sampai kita tua nanti. Saya lulus SMK pada tahun 2022 saya adalah siswi jurusan Teknik komputer dan jaringan, sekolah saya adalah sekolah yang masih baru berdiri selama delapan tahun.

Sekolah swasta yang terletak di tenggah persawahan dengan bangunan kelas semi permananen yang terletak didalam gang jalan.

Di setiap pagi harinya sebelum melakukan pembelajaran para sisiwa dan siswi di sekolah kami di wajibkan mengikuti kegiatan apel pagi degan menggunakan seragam lengkap beserta pet dan membuat barisan rapi di tengah-tengah lapangan, kegiatan apel pagi dilakukan degan tujuan untuk mengevaluasi para sisiwa dan siswinya.

Momen yang sangat saya sukai adalah pada saat melaksanakan pembelajaran baik pembelajaran di dalam  kelas maupun di  ruang LAB, hal  yang paling  saya sukai dalam pelajaran di LAB adalah  pelajaran tentang corel draw, setting wifi mikrotik dan membuat kabel crimping.

Untuk membuat satu kabel crimping yang benar dan bisa digunakan itu butuh kesabaran dan ketelitian jika kita salah mengurutkan warna kabel ataupun kita salah dalam meletakan konektor maka kabel crimping tidak akan bisa menyala.

Ada banyak cerita yang telah saya lalui selama sekolah di SMK waktu berjalan begitu cepat tak terasa kini saya sudah duduk dibangku kelas XII dimana ini adalah saat-saat terakhir saya dan teman-teman bisa bertemu dan bercerita tertawa bersama dikelas.

Banyak rangkaian kegiatan yang harus dilakun untuk memenuhi syarat kelulusan seperti melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL), Ujian kejuruan, ujian praktik , dll. Sedikit cerita saya pada waktu melakukan PKL saya melakukan praktik kerja lapangan selama tiga bulan.

Sebenarnya Praktik Kerja Lapangan dilakukan selama enam bulan, berhubungan pada masa pandemi covid-19 maka kegiatan PKL hanya dilakukan selama tiga bulan saja degan menerapkan prokes yang sangat ketat.

Saya melakukan PKL di Balai Latihan Kerja di daerah Tulungagung desa Pulosari Ngunut. Daerah baru dengan suasana baru tantunya dengan semangat  yang luar biasa berharap materi yang kita pelajari selama PKL bisa menjadi penggalaman dan wawasan baru bagi kami.

Tiga bulan pun berlalu kini saatnya saya melakukan kegiatan pembelajaran di kelas seperti biasa menggejar materi untuk ujian satuan pendidikan ada banyak materi yang harus dipelajari.

Waktu ujianpun tiba, ujian satuan pendidikan di sekolah saya dilakukan selama satu minggu di bulan ramadan. Rasanya sangat melelahkan jika sekolah pada umumnya melakukan ujian satuan pendiddikan berbasis komputer.

Di sekolah saya pelaksanakan ujian satuan pendidikan dilakukan dengan basis paper sedikit aneh tapi memang beginilah kenyataanya ada beberapa kendala di sekolah saya sehingga siswa dan siswi di sekolah saya tidak bisa melakuakan ujian dengan basis komputer.

Itu semua tidak menjadi halanggan bagi kami untuk tidak melakukan ujian satuan pendidikan, degan kekuran yang terdapat di sekolah itu semua menjadi penyemangat tersendiri bagi kami.

Ditenggah-tenggah banyaknya kekurangan dari SMK kami tapi kami semua bisa bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama, semua ini tidak lepas dari dukungan bpk ibu guru kami yang selalu memberikan semagat dan tidak pernah lelah.

Setelah melakukan ujian satuan pendidikan kami bersama-sama mendaftarkan diri untuk ujian SBMPTN. SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, kami mendaftarkan diri bersama-sama dan melakukan ujian itu secara bersamaan.

Tidak mudah untuk mengikuti ujian ini, banyak dari kami harus menggulang berkali-kali untuk membuat satu akun aktif tak jarang dari kami mencoba diwaktu tenggah malam, pagi hari dan sore hari karena ada kendala di server akun.

Kami harus mencoba berulang kali, selamat untuk teman-teman ku yang lulus SBMPTN dan untuk kalian yang tidak lulus jangan putus asa tetap semangat masih ada tahun berikutnya.

Sebelum hari kelulusa itu tiba ada banyak persiapan yang harus dilakukan pasti semua orang yanag akan mengikuti kelulusan sekolah akan mempersiapkan semuanya dengan sebaiknya karena ini adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu selama tiga tahun.

Blitar, senin 6 juni 2022 adalah hari yang sangat menggesankan bagi saya dan teman-teman, hari ini merupakan hari kelulusan di sekolah kami. Momen kelulusan yang sangat berkesan meskipun hanya dirayakan degan cara sederhana.

Itu semua tidak sedikit pun menggurangi makna dari kelulusan, banyak cerita dan kejadian yang telah saya lewati dengan teman-teman saya di kelas. Salah satunya adalah momen kelulusan sekolah momen yang sangat mengharukan.

Momen dimana saya dan teman-teman akan berpisah tidak lagi saling bertemu maupun bercanda dan tertawa bersama. Momen kelulusan ini adalah momen yang sangat mengharukan sekaligus momen untuk kita belajar bahwa setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan.

Kita disatukan di lingkugan sekolah yang sama namun di pisahkan oleh masa depan. Perpisahan sekolah ini bukanlah akhir dari segalanya, namun merupakan awal dari sesuatu yang baru dan kini saya sudah menjadi alumni.

Sampai jumpa kembali teman-teman ku, semoga suatu saat nanti kita bisa bertemu kembali tentunya dengan kehidupan kita yang baru. Saya ucapkan terimaksih banyak untuk Bpk Ibu guru saya karena telah membimbing saya.

Terimakasih untuk jasa dan ilmunya yang telah Bpk Ibu guru berikan dengan penuh rasa sabar dan tidak henti-hantinya memberiakan nasehat untuk kami.

Terimakasih teman-teman untuk tiga tahun ini banyak cerita suka dan duka kita lewati bersama, melakukan semuanya dengan bersama-sama saya yakin masa-masa smk ini adalah masa yang sangat bersejarah masa yang tak akan terlupakan sampai kapan pun.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.