Keliling Pantai

Nadia Samer – Liburan sekolah tentunya yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua siswa, termasuk aku. Aku akan menceritakan tentang liburanku bersama keluarga besarku yang sangat asik.

Waktu itu saat libur akhir tahun, dimana aku bersama keluarga besarku ingin pergi ke pantai. Pagi harinya aku bersama orangtuaku kerumah pamanku yang berada di Garum, Kabupaten Blitar.

Semua saudara-saudaraku sudah berkumpul disana. Setelah semua sudah berkumpul, kita semua lanjut untuk sarapan. Sesudah sarapan kita lanjut untuk berangkat ke tempat tujuan.

Diperjalanan aku bersama saudara-saudaraku yang lain sangat menikmati suasana jalan yang sangat sepi, karena masih terlalu pagi kita berangkatnya.

Dijalan kita juga karaokean bersama-sama meskipun suaranya tidak terlalu bagus yang penting pede dulu hehe.

Hampir sudah setengah perjalanan, aku kelelahan akhirnya aku tidur dan bangun-bangun sudah hampir sampai tujuan.

Rombongan aku sampai di pintu masuk pantai sekitar pukul 11.00 WIB. Disepanjang jalan menuju pantai banyak sekali monyet-monyet dipinggir jalan.

Jalannya cukup gelap karena di sebelah kiri dan kanan jalan terdapat pohon-pohon yang sangat besar dan lebat. Medan jalan yang berkelok-kelok membuatku harus extra hati-hati.

Kita pun sudah sampai di pantainya dan langsung menuju ke penginapan yang sebelumnya sudah di booking.

Setelah sampai di penginapan aku pun membantu orang-orang untuk menurunkan barang-barang yang kita bawa.

Kita membawa kompor, alat-alat masak, bumbu-bumbu dapur dan lain-lain. Pokoknya lengkap deh, karena kita akan menginap disana kurang lebih 4 hari.

Setelah selesai beberes, kita istirahat terlebih dahulu dan lanjut makan. Waktu sudah menunjukan pukul 15.00 WIB kita akhirnya berjalan-jalan ke tepi laut kita menyusuri laut sambil berfoto-foto.

Kita juga naik jembatan yang menyebrangi laut sambil menikmati sunset yang indah sekali. Aku dan saudara-saudara yang seumuran denganku berenang dipinggiran yang ombaknya tidak terlalu besar.

Setelah berenang aku dan saudarku yang lain kembali ke penginapan untuk mandi sambil menunggu selesai magrib.

Setelah magrib, kita lanjut lagi berkeliling sambil menikmati suasana pantai malam hari yang sunyi. Aku juga membeli jajanan seperti es kepal milo, burger, makanan ringan dll.

Kita berkeliling sampai pukul 21.00 WIB dan kembali ke penginapan. Sampai di penginapan, kita semua makan malam dan santai-santai.

Aku dan keempat saudaraku bermain uno dan karaokean sampai pukul 23.00 WIB. Kita semua pergi tidur agar besok bisa keliling lagi.

Keesokan paginya, aku bangun sekitar jam setengah tujuh. Aku bangun tidur langsung mandi dan berdandan, terus lanjut sarapan bersama.

Setelah semua sarapan, kita langsung bergegas naik elf karena kita mau lanjut ke beberapa pantai selanjutnya. Barang-barang kita tetap ditaruh di penginapan, karena kita masih belum pulang ke Blitar.

Setelah semua sudah naik, kita langsung on the way menyelusuri JLS (Jalur Lintas Selatan) Malang.

Aku sangat terkejut dengan kondisi jalannya yang sangat bagus dan indah. Sepanjang jalan aku melihat banyak pantai-pantai yang indah, tapi kita tidak berhenti disana.

Kita ada tujuan lain yang tentu pantainya juga tidak kalah indah. Sekitar kurang lebih 1 jam akhirnya kita sampai di parkirannya.

Tempat parkirnya cukup sempit karena masuk ke pemukiman warga dan jalan yang dilalui cukup terjal.

Sesampai di parkiran kita langsung jalan memasuki hutan, tapi juga ada tukang ojek jika ingin ngojek. Kita berjalan sampai nyusuri hutan dengan jalan setapak yang cukup buat  2 orang bersimpangan saja.

Sampai di pos loket, kita membeli tiket dan menyewa tour guide. Sesudah itu kita di cek dan diberi arahan tentang peraturan disana.

Bahwa disana tidak boleh buang sampah dan sampahnya dibawa pulang lagi. Setelah itu kita lanjut jalan sambill menikmati suasana hutan yang sunyi.

Ditengah perjalanan, kita juga berhenti di pantai clungup. Disana sangat sepi, jadi kita bisa leluasa disana.

Kemudian kita lanjut jalan lagi dan sekitar kurang lebih 1 jam setengah kita jalan akhirnya kita sampai di pantai 3 warna Malang.

Pantainya cukup indah, air lautnya juga jernih jadi kita bisa melihat karang-karang yang ada di bawah laut.

Seperti nama pantainya 3 warna, air lautnya ada 3 warna yaitu warna hijau, biru dan coklat. Disana kita foto-foto, ada juga yang berenang, ada juga yang naik perahu.

Disana jam kunjungannya dibatasi hanya 2 jam. Kita akhirnya lanjut ke pantai gatra, jaraknya tidak cukup jauh dari pantai 3 warna.

Sesampai disana kita membeli mie instan untuk makan, karena sudah lapar semua. Setelah makan kita lanjut perjalanan pulang.

Sekitar pukul 12.00 WIB kita sudah sampai parkiran dan lanjut pulang, tapi kita tidak langsung ke penginapan.

Kita mampir sebentar ke pantai watu leter, untuk masuk kesana kita harus melewati jalan yang sangat rusak.

Sesampai di pantai watu leter, ternyata sangat indah dan sepi. Jadi kita bisa menjelajah menyusuri pantainya dan banyak spot foto juga disana.

Aku juga membeli es degan karena haus dan cuacanya yang sangat panas. Setelah itu kita pulang, dijalan aku juga melihat pantai gua china. tetapi kita tidak mampir, karena sudah kelelahan dan kita langsung menuju ke penginapan.

Tiba-tiba sudah hari keempat, kita semua beres-beres dan pulang ke Blitar. Oiya, aku ini menginap di pantai balekambang.

Kita tiba di Garum kurang lebih pukul 17.00 WIB dan menurunkan barang-barang yang dibawa. Aku dan orangtuaku kembali ke rumahku.

Sesampainya di rumah aku langsung bersih-bersih dan tidur, supaya besok kita bisa lanjut liburan lagi.

Keesokan harinya, aku dan orangtuaku sudah siap untuk lanjut liburan lagi. Tetapi kali ini aku dan orangtuanku tidak ke Garum, tapi saudara-saudaraku yang menghampiriku.

Setelah semua kumpul, kita langsung jalan menuju kearah Kabupaten Tulungagung. Kita akan menuju tempat wisata yaitu pantai gemah.

Disepanjang jalan aku tidur karena masih kecapekan. Selang beberapa jam, kita sudah memasuki Kabupaten Tulungagung.

Hampir sampai tujuannya, sepanjang jalan banyak batu-batu besar. Katanya disana memang banyak yang usaha membuat patung atau karya seni dari marmer.

Kita sudah memasuki JLS Tulungagung yang artinya sebentar lagi akan sampai tujuan. Pemandangannya sangat indah, banyak sawah-sawah, jalannya yang berkelok dan nanjak jadi tambah seru.

Dari atas kita bisa lihat air laut yang sangat indah. Tibalah kita di pantai gemah, kita mencari parkiran dan mencari penginapan seperti sebelumnya.

Kita juga menginap di pantai ini sekitar 3 hari 2 malam. Setelah menurunkan barang-barangnya kita lanjut makan karena sudah lapar.

Setelah itu aku langsung tidur lagi, karena masih capek. Sore harinya, kita main di tepi laut untuk menikmati suasana pantai di sore hari.

Disana suasana sangat ramai sekali, banyak orang berjualan. Aku bersama saudaraku menyewa ATV untuk bermain.

Disana dan ibu-ibu yang lain membeli kue puthu sambil istirahat. Setelah itu kita mandi dan lanjut makan malam dan istirahat.

Keesokan paginya, aku dan rombongan pindah ke pantai klatak yang berada disebelah pantai gemah.

Akses menuju kesana jalanannya belum di aspal, jadi masih banyak batu-batunya. Sesampai disana kita mencari penginapan dan menurunkan barang-barang yang dibawa.

Sesudah itu, kita bermain air laut dan berfoto-foto. Disana juga ada gua kecil yang bagus untuk spot foto instagramable.

Tidak terasa kita sudah hampir 7 hari mengelilingi berbagai pantai yang sangat indah. Kita pulang ke Blitar dan istirahat, karena esok harinya aku sudah masuk sekolah.