Konohagakure

Nadia Samer – Disuatu desa yang dijuluki Desa Daun atau lebih dikenal dengan Desa Konoha adalah desa yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu banyak penduduknya.

Namun, desa tersebut cukup makmur dari segi sumber daya manusia dan alamnya. Konoha dibangun oleh seorang laki-laki yang memiliki impian untuk bisa menjadi pemimpin dari desa yang ia ciptakan sendiri.

Seseorang laki-laki itu sangat antusias menciptakan desa yang makmur dan penuh kebahagiaan. Ia bernama Hashirama Senju, orang pertama yang yang memimpin desa tersebut.

Sebenarnya Hashirama tidak sendiri dalam pembangunan Desa Konoha. Ia dibantu oleh teman sekaligus sahabatnya, bernama Uciha Madara.

Nama Konoha muncul dari inspirasi yang diberikan oleh Madara, ketika ia tidak sengaja melihat sebuah daun yang berlubang ditengahnya.

Kemudian ia berfikir untuk memberi nama Konoha atau daun, dan terlahirlah Desa Konoha. Didalam Desa Konoha, terdapat banyak hal yang menarik karena terdapat banyak golongan klan penduduk yang bervariasi.

Beberapa klan itu yaitu uzumaki(berambut merah), klan uciha(mata sharinggan), klan hyuga(mata byakugan), klan yamanaka(alih pikiran) dan masih banyak lagi.

Dalam perbedaan golongan itu, mereka hidup berdampingan secara rukun dan saling mengasihi. Pada masa itu, Hashirama selaku pemimpin atau hokage di Desa Konoha.

Ia sangat bahagia dan ingin terus memajukan desanya hingga dikenal oleh seluruh dunia. Hokage digunakan untuk menamai gelar seorang pemimpin nomor satu terhebat yang diakui oleh masyarakat didesa tersebut.

Untuk menjadi seorang Hokage tidak hanya diperlukan kehebatan dan kekuatan saja, namun bisa juga dalam hal akademi dan non akademi dalam pelatihan ninja.

Pelatihan ninja ada beberapa tahapan untuk bisa pada level tertinggi mulai dari pelajaran akademi ninja(pengenalan ninja tahap awal), genin, chunin, jhoonin dan paling tinggi levelnya sannin.

Untuk peningkatan level tersebut harus melewati beberapa tahap ujian ninja yang cukup rumit dan menguras pikiran serta mental peserta ujian.

Ninja dalam sebuah desa merupakan sebuah kekuatan dan pertahanan yang sangat diperlukan untuk melindungi desa dari serangan-serangan luar yang membahayakan.

Seperti halnya tentara yang melindungi sebuah negara dengan semangat nasionalisme. Seorang ninja harus memiliki tekat dan cinta untuk melindungi desa.

Salah satu kehebatan terbesar dari Desa Konoha adalah melahirkan ninja – ninja berbakat yang kebanyakan menyelesaikan kasus dalam sebuah misi dengan sukses.

Misi adalah permintaan orang atau desa lan yang memiliki masalah mendesak untuk meminta bantuan. Misi akan ditulis oleh pemohon dan diserahkan oleh Hokage.

Hokage akan menugaskan misi itu kepada para ninjanya sesuai kemampuan dari ninja tersebut. Misi mempunyai beberapa tingkatan.

Tingkatan dari paling sulit yaitu misi Rank S, memiliki tingkat yang paling sulit dan berbahaya bahkan bisa mempertaruhkan nyawa ninja yang menerima misi tersebut.

Namun pada Rank S ini, harus ninja yang benar – benar hebat dan memiliki pengalaman menyelesaikan misi dengan baik dan propesional.

Selanjutnya adalah misi Rank A, misi ini bisa sulit namun bisa juga mudah diselesaikan karena tidak menyangkut nyawa seseorang. Kemudian ada misi yang mudah dan tidak menyulitkan ninja dalam menyelesaikannya yaitu misi Rank D.

Semakin sulit misi yang ditugaskan maka upah akan semakin mahal dan mungkin juga bisa memerlukan waktu beberapa hari, minggu bahkan bisa berbulan-bulan.

Dalam mengemban misi, ninja akan semakin terlatih menjadi ninja yang hebat karena mereka akan bertemu berbagai macam karakter musuh dan meningkatkan kerja sama maupun kekuatan kepekaan pribadi seorang ninja.

Dalam penugasan misi akan terdiri 3 atau 4 orang ninja. Ninja pemula atau Genin akan didampingi oleh guru mereka dan menjadi 4 orang. Tapi, jika sudah level Chuunin, Joonin dan Sannin hanya 3 orang atau bahkan hanya seorangan saja.

Mereka adalah orang-orang terpilih bahkan khusus dan bisa diandalkan. Masa kejayaan Konoha tidak berlangsung lama ketika terjadi perselisihan antara Uciha Madara dan Hashirama.

Ketika itu adik Hashirama, yaitu Tobirama yang sangat membenci Madara. Tobirama membencinya karena Madara berdarah uciha yang bersifat keras dan klan uciha dianggap klan yang berkhianat.

Pada suatu hari, Madara ingin mendapatkan kekuatan yang lebih hebat dari Hashirama dan ingin menjadi pemimpin Konoha lalu membangun ulang tatanan desa sesuai keinginannya.

Agar semua penduduk dan orang-orang yang membencinya mengakui kehebatan seorang Madara. Madara ketika itu memburu seekor kyubi atau rubah ekor sembilan yang tersegel pada seorang perempuan bernama Uzumaki Kushina.

Ia dapat dengan mudah mengetahui keberadaan dari kekuatan seekor kyubi yang sangat luar biasa dengan mata sharinggan miliknya. Kyubi adalah sebuah cakra yang luar biasa hebat dan sulit untuk dijinakkan.

Kyubi harus disegel pada seseorang agar tidak mengamuk. Kekuatannya yang hebat sangat diinginkan banyak ninja, namun kyubi tidak akan mudah dikalahkan hanya oleh orang yang biasa – biasa saja.

Perburuan kyubi oleh Madara belum berhasil karena ia belum memiliki kekuatan yang cukup. Akan tetapi, karena niat Madara telah diketahui oleh Tobirama maka terjadilah perang saudara antara Hashirama, Madara dan Tobirama.

Peperangan itu terjadi diluar desa sehingga tidak diketahui oleh orang lain selain mereka bertiga saja. Menyedihkannya, Hashirama telah gugur dalam peperangan itu.

Akan tetapi dalam hati kecil Madara sebenarnya tidak ingin terjadi seperti ini, tapi karena kesalahpahaman, Hashirama harus terbunuh.

Setelah Hashirama wafat, Madara yang masih terluka akibat perang, ia melarikan diri karena sudah tidak mampu lagi jika harus melawan Tobirama.

Karena hokage pertama telah tiada, otomatis penerus hokage selanjutnya akan diteruskan oleh Tobirama sendiri atas wasiat kakaknya. Pada kepemimpinan hokage kedua Tobirama sangat tegas dan tidak pandang bulu dalam memimpin.

Ia tidak membela orang – orang terdekatnya jika mereka melakukan kesalahan. Hingga pada masa tuanya, Tobirama tidak lagi menjadi hokage dan digantikan oleh seorang tetua bernama Sarutobi.

Karena hokage ketiga sudah terlalu tua, maka ia mengajukan seorang ninja untuk menjadi hokage ke-empat untuk membantunya dalam pertahanan desa.

Ninja itu adalah seorang ahli dalam kecepatan dengan senjata kunai miliknya. Ia bernama Namikaze Minato, dimana Minato adalah suami dari Kushina sendiri.

Pada masa kepemimpinan Sarutobi, Madara kembali menuntut balas ke desa. Sarutobi telah menjadikannya seorang ninja pelarian.

Serta ia ingin membalaskan sakit hatinya kepada warga desa yang tidak menghargai perjuangan Madara walau hanya pahlawan bayangan. Keinginan yang tersisa adalah menangkap kyubi untuk meninkatkan kekuatannya.

Maka ia masuk ke desa dan membuat marah kyubi yang dimana kekuatan wadah kyubi atau Uzumaki Kushina yang ada dalam segel perutnya melemah karena ia akan melahirkan.

Ketika proses melahirkan, segel akan melemah dan Madara memanfaatkan kesempatan itu untuk mengeluarkan cakra kyubi. Akan tetapi, rencana itu tidak berjalan lancar.

Rubah ekor sembilan mengamuk dan tidak dapat dikendalikan. Bahkan Madara sendiri kesulitan untuk mengendalikan kekuatan kyubi dan ia sempat terluka karenanya. Ia lagi-lagi gagal dengan usahanya dalam mendapatkan kekuatan.

Rubah itu mengamuk dan menghancurkan banyak fasilitas desa secara membabi buta. Tidak sedikit korban jiwa yang terbunuh karena amukkan rubah itu.

Karena terlalu lama tersegel dalam tubuh manusia, rubah itu sangat marah dengan apa yang ada disekitarnya dan sangat membenci manusia.

Karena manusia dianggap hanya pengganggu bagi seekor iblis rubah yang menjadikannya budak dan hanya ingin memanfaatkan kekuatannya saja demi kepentingan mereka.

Pertahanan desa pada saat itu sangat kacau dan banyak warga yang kehilangan segalanya. Para ninja Konoha saling berjuang memerangi kyubi.

Walau begitu, mereka tahu itu akan sangat sulit untuk dikalahkan. Mereka berjuang dengan tekat dan dengan kekuatan seadanya tanpa bantuan dari desa tetangga.

Sebagai hokage pun, Sarutobi berjuang mati – matian dengan dibantu oleh hokage ke-empat namun, masih belum membuahkan hasil yang maksimal.

Karena perang melawan kyubi terlalu memakan waktu lama, banyak ninja yang telah kehabisan cakranya. Minato dan Sarutobi memiliki ide untuk menyegel kembali untuk mengehentikan amukan kyubi.

Dengan waktu yang tidak banyak, mereka harus cepat untuk menghentikannya karena akan semakin meluas dan membahayakan kehidupan disekitarnya.

Dalam desakan itu, Minato akan menyegel kyubi kedalam tubuh anaknya sendiri. Ia yakin akan keputusannya itu walau akan mempertaruhkan nyawanya sendiri dan anaknya yang baru saja lahir.

Ketika itu Kushina sangat takut kehilangan keluarga kecilnya yang baru terbentuk. Namun, ia juga harus memikirkan orang – orang disekitarnya.

Dengan rasa ketakutan dan keberatan hati Kushina, ia mengizinkan Minato untuk menyegel kyubi kedalam tubuh anaknya.

Dengan kekuatan yang hanya tersisa sedikit, mereka berdua segera membentuk formasi penyegelan fuin jutsu, sementara Sarutobi mengalihkan kyubi agar tidak mengganggu proses penyegelan.

Tidak lama kemudian, Sarutobi terhempas oleh ekor rubah dan tidak mampu menahan serangannya. Kyubi itu mengetahui ia akan disegel kembali.

Lalu, ia segera menghampiri Minato dan Kushina dan menyerangnya. Akhirnya, mereka berdua tertusuk cakar kyubi dibagian perut dan dada secara bersamaan.

Pada waktu yang tersisa mereka melakukan penyegelan dengan menahan tusukan dari kyubi. Dalam detik – detik akhir, mereka berpesan dan memberi nama anaknya karena mereka tahu ajal akan segera menghampiri mereka berdua.

Minato dan Kushina menamai anak mereka dengan nama Uzumaki Naruto. Minato berharap anaknya akan menjadi ninja yang hebat walau ada monster didalam tubuhnya.

Karena mengetahui Minato dan Kushina terluka parah, Sarutobi ingin membantu mereka namun mereka sudah tidak mampu menahan serangan rubah.

Mereka menitipkan Naruto kepada Sarutobi untuk mengasuhnya dan merawat Naruto. Minato meminta Sarutobi untuk tidak meceritakan bahwa rubah ekor sembilan disegel kedalam tubuhnya sebelum Naruto menemukan jati diriya kelak.

Proses fuin jutzu telah berakhir, begitu juga kedua orangtua Naruto. Pada saat itu mereka telah menghembuskan nafas terakhir. Pada akhirnya, Naruto akan tumbuh bersama seekor kyubi ekor sembilan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.