Liburan Sekolah

Liburan akhir tahun adalah liburan yang paling saya tunggu. Karena di akhir tahun, kami bisa pergi berlibur sekeluarga. Ayah tidak hanya libur pada Natal dan Tahun Baru saja tetapi mendapatkan libur cuti bersama. Sehingga kami mempunyai lebih banyak waktu untuk berlibur dan berkumpul keluarga. Hari ini kakak merencanakan untuk mengajak kami berenang dan menikmati keindahan alam di Sumber Maron yan terletak di Karangsuko, Malang dan tempatnya jauh dari pusat kota malang. Tentu air dan udaranya masih segar dan tidak tercemar limbah pabrik dan asap kendaraan.

Sumber Maron adalah sumber mata air yang berada di kawasan persawahan daerah Karangsuko. Aliran sumber mata air ini sering dimanfaatkan penduduk sekitar untuk mengairi sawah dan juga budidaya kangkung. Namun, berkat potensi keindahan yang dimiliki tempat ini, perlahan-lahan aliran sumber air ini diubah menjadi tempat wisata yang ditata sedemikian rupa sehingga pengunjungnya bisa berenang dan memacu adrenalin dengan bermain river tubing di air sungai yang bening,berarus sedang dan bersih. Banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata ini ingin melihat langsung keindahan dari air terjunnya yang memiliki tinggi sekitar 6 meter dan keindahan alamnya. Air terjun tersebut memiliki kemiringan kurang lebih 60 derajat dan sangat lebar. Air yang mengalir terlihat seperti seluncuran yang indah dengan bebatuan hitam sebagai alas. Pepohonan dan area sawah di sekitar aliran sungai semakin menambah suasana sejuk dan asri Sumber Maron.

Kami berangkat dari pagi, agar tidak terkena macet. Letak Sumber Maron sekitar 64 KM ke timur dan ditempuh kurang lebih 2 jam dari rumah kami. Segala persiapan telah ditata oleh ibu, yaitu tikar,handuk, baju ganti,baju renang, sabun mandi, dan bekal makanan. Selama perjalanan kami mengobrol santai dan bernyayi ria. Hari ini arus lalu lintas cukup ramai karena musim liburan.

Sesampainya di Sumber Maron,disana sudah banyak bus pariwisata dan mini bus (elf) yang terpakir dan ramai pengunjung. Sebelum masuk kami antri membeli tiket terlebih dahulu setiap orang dikenakan biaya Rp. 5.000 jadi,relatif murah untuk pengunjung. Untuk parkir kendaraan mobil Rp. 5.000. Selesai membeli tiket kita melewati sungai kecil (sumber pengairan sawah disekitar) dan sawah warga untuk masuk ke tempat wisatanya. Sesampai disana sudah banyak pengunjung yang bermain air dan river tubing. Airnya yang bersih,bening,dan memiliki arus sedang tampak sangat menyenangkan dari kejauhan. Suara air mengundang kami segera masuk ke dalam air dan bermain air. Wisata ini juga menyediakan fasilitas Gazebo,Sewa Karpet,Sewa Loker,Sewa Kamar Mandi,Sewa Ban Kecil,Ban Besar,dan Ban river tubing. Jadi,Bagi pengunjung yang ingin memacu adrenalin bisa bermain River Tubing  dengan menyewa ban khusus seharga Rp.10.000-Rp.15.000.

Penduduk sekitar juga telah mempersiapkan spot untuk berenang dengan nyaman di arus sungai yang tenang yaitu berada di bawah air terjun Sumber Maron. Kolam alami yang terbentuk dari aliran air terjun yang dikelilingi batu besar warna hitam,sangat pas untuk kami membasuh diri dan berenang. Pengunjung juga bisa duduk santai di tebing air terjun yang memiliki kemiringan 60 derajat yang beralaskan batu hitam besar sambil merasakan tabrakan air sungai. Di tempat ini pengunjung juga bisa berfoto karena di atas air terjun terdapat tulisan “Wonderful Sumber Maron”

Di sebelah air terjun terdapat kolam alami dan jembatan dari bambu yang sudah dipersiapkan pengelola untuk melihat ikan-ikan kecil berenang bebas dari airnya yang jernih. Ikan ini bisa dijadikan ikan terapi dengan hanya mencelupkan kaki kita ke dalam kolam. Di tempat ini kita bisa  mengabadikan foto atau berfoto di jembatan bambu dengan pemandangan pepohonan dan sawah yang bertingkat. Disekitar kolam terdapat tumbuhan dan bunga warna-warni yang tumbuh subur yang menambah keasrian tempat ini dan membuat udara disekitar semakin sejuk. Disamping Air Terjun Sumber Maron terdapat 2 gazebo yang disediakan pengelola didekat air terjun (atas) dan ditepi aliran sungai (bawah) dan tempat makan milik warga sekitar yang menyediakan berbagai minuman hangat,panas,maupun dingin dan olahan masakan serta camilan khas daerah malang.

Setelah melihat-lihat keindahan alam disekitar yang masih asri dan berfoto kami pun beristirahat di salah satu gazebo dekat air terjun dan menggelar tikar. Gazebo disana terbuat dari bambu dan ber Alaskan papan kayu.Disana kami bersantai sejenak ,memesan minuman hangat dan memakan bekal yang sudah disiapkan ibu dari rumah. Sambil melihat pengunjung lain berenang dan bermain river tubing.Setelah makan kami bersantai sejenak. Jam menunjukkan pukul 10.00,kami berganti pakaian dengan pakaian renang di toilet yang terdapat di tempat wisata ini. Selesai ganti pakaian,kami turun ke bawah melewati sungai untuk menyewa Ban River Tubing dengan fasilitas 5 orang. Kami pun naik ke ban dan menyusuri sungai sambil mengapung,melewati arus deras sungai dan jeram-jeram kecil. Lokasi river tubing ini tidak begitu jauh dari air terjun. Panjang lintasan river tubing ini sekitar 500 meter, sepanjang perjalanan kami dapat melihat pemandangan pohon-pohon dan sawah yang sangat indah.

Selama perjalanan (river tubing) kami didampingi oleh pemandu yang mengawasi dan membantu bila terjadi masalah. Selain itu sungai yang cukup dangkal membuat aktivitas ini relatif aman, ditambah lagi pengaman bambu yang dipasang di ujung lintasan. Dengan begitu kami bisa tenang dan seru-seruan tanpa takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bunyi gemericik air sungai,udara yang segar jauh dari polusi udara dan suasana asri memberikan ketenangan tersendiri saat bermain river tubing. Setelah Sampai di ujung lintasan kami pun naik ke jalan kecil (pinggir sungai) sambil membawa ban dan bermain river tubing 3 kali. Selesai bermain river tubing kami mengembalikan ban yang kami sewa. Selanjutnya kami berenang di dekat air terjun sambil berfoto dan duduk di bebatuan hitam besar. Selesai bermain dan berenang kami naik ke atas dan membilas badan.

Waktu menunjukkan pukul 12.00, sebelum pulang kami berkumpul dan makan siang di tempat makan yang berada di dalam kawasan Sumber Maron. Sesekali sambil menikmati pemandangan disekitar sebelum pulang. Selesai makan kami membersihkan gazebo yang kami pakai. Setelah itu kami pulang menuju pintu keluar yang berbeda dari awal kita masuk tadi. Di sepanjang pintu keluar terdapat penjual pernak pernik kerajianan tangan dan oleh-oleh khas malang.Kami pun membeli gantungan kunci kaca dan membeli sedikit oleh-oleh khas malang yaitu keripik buah. Setelah selesai belanja oleh-oleh kami pun keluar menuju parkiran mobil yang berada di pelataran halaman rumah yang sudah disediakan warga. Meski berenang dan bermain disisni tidak lama, kami sangat senang dan akan kembali di liburan yang mendatang. Sumber Maron selain dapat di nikmati keindahaan  alamnya juga dapat memajukan perekonomian warga sekitarnya.